Tuesday, May 22, 2007

PISAU

Sejak peradaban manusia mengenal peralatan dari logam, maka saat itu pula mereka mulai mempelajari teknik pembuatan pedang dan pisau. Selain sebagai perlatan rumah tangga, sampai saat ini pisau masih digunakan sebagai senjata karena bentuknnya yang lebih praktis dibandingkan pedang.

Salah satu jenis pisau yang populer sebagai senjata adalah pisau belati (dagger) yang telah lebih dulu digunakan sebelum pedang. Pisau belati mulai dikenal pada jaman batu sebelum manusia mempelajari peralatan logam.

Berbagai jenis pisau belati dikenal selama perkembangan jaman. Bangsa Eropa pada awal peradaban menggunakan pisa scramasax, sebuah pisau besar yang bisa digunakan sebagai senjata dan peralatan rumah tangga sekaligus. Stilleto yang permukaannya tipis dengan ujung runcing tanpa tepi untuk memotong digunakan khusus untuk menikam.

Pada masa pemukim awal di Amerika Serikat, diperkenalkan jenis pisau berukuran 15 inci (40 cm). Pisau jenis digunakan untuk berburu dan sangat populer pada masanya. Salah satu tokoh yang berperan besar mempopulerkan pisau jenis ini adalah James Bowie sehingga orang-orang menyebutnya “pisau bowie”.

Jenis pisau lipat merupakan salah satu penemuan pisau modern. Mata pisau ini akan segera keluar dengan cara menekan tonbol yang tersedia pada gagangnya. Jenis pisau lipat lain adalah pisau saku yang banyak digunakan oleh Pramuka saat ini.

Sumber: Young Students Learning Library Vol. 20

No comments: