Wednesday, May 16, 2007

KOIN

Sejarah koin terbentang panjang dari jaman dahulu sampai sekarang. Koin masih umum digunakan dalam sistem moneter dan kegunaan lainnya. Banyak sejarah tentang koin yang dihubungkan dengan tema utama dalam bidang keuangan sejak penemuannya, namun tidak lengkap. Adanya keterkaitan yang erat antara koin dengan peristiwa sejarah membuat koin sering disebut “Sejarah dalam Genggaman Anda”.

Sejarah koin negara-negara barat dimulai dengan penemuan antara tahun 643 dan 630 SM di Lydia. Sejak saat itu, koin menjadi bentuk umum uang yang beredar. Koin pertama pertama dibuat dari electrum, sebuah logam alam berwarna kuning pucat campuran emas dan perak. Namun, ahli arkeologi menemukan lebih dari 477 keping koin yang berasal dari tahun 2000-4000 SM di sebuah situs kuno Thracian di Tekirdag, Turki, yang menunjukkan koin telah digunakan jauh sebelum penemuan di Lydia.

Koin Persia sangat terkenal pada masa Kerajaan Persia dan Sassanid. Banyak koin yang ditemukan di Susa dan Ctesiphon. Koin yang paling terkenal dan banyak dikoleksi adalah koin Romawi dan koin Yunani. Kekaisaran Bizantium memproduksi banyak koin, termasuk koin emas yang bergambar Salib Kristus dan para Kaisar Bizantium.

Koin jaman dahulu dibuat dengan proses pemukulan palu pada landasan. Uang koin diproduksi oleh pemerintah meskipun dalam prakteknya banyak ditiru oleh pemalsu. Sejak tahun 1700-an, proses tekanan digunakan dalam produksi koin yang terus berkembang dan pada tahun 1800-an tekanan uap panas digunakan. Teknologi modern saat ini menggunakan tekanan elektrik dan hidrolik untuk memproduksi koin.

Sumber: wikipedia

No comments: